Pagelaran Pring Lurik Pemuda Sinoman Tiga Sahabat

Festival Kirab Jenang Suro Gunungsari 2019
September 13, 2019
Peringatan Tahun Baru Islam 1441 H & Santunan Anak Yatim ke-15 Gunungsari
February 5, 2020

gunungsari.batukota.go.id Pemuda Sinoman Desa Punten berjalan berarak-arakan menuju Dukuh Kapru, dimana diselenggarakan kesenian tayuban. Desa Gunungsari menjadi tuan rumah acara bersih dusun dan menyelenggarakan tayub maka pemuda Sinoman Punten akan datang, begitu pula sebaliknya. Hal ini sudah menjadi tradisi turun temurun Pemuda Sinoman Tiga Sahabat (Kandangan, Kapru, Sarirejo) dan Pemuda Sinoman Desa Punten sejak jaman nenek moyang.

Pertunjukan kebudayaan seni tayub khas Pemuda Sinoman Tiga Sahabat dengan Pemuda Sinoman Punten, yang mana terdapat acara-acara khusus yang dapat menarik wisatawan, misalnya acara sawur (sawuran) dan tradisi lainnya.

Kegitan ini dilakukan selama tiga hari tiga malam, yaitu mulai kamis sampai sabtu tanggal 22-24 Agustus 2019 di Dukuh Kapru Desa Gunungsari Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur.

Pada hari kamis, Kegiatan dimulai dengan Melekan ayam yang berarti warga masyarakat sekitar melakukan persiapan dengan tidak tidur dan bercengkrama diterop agung untuk menambah keakraban warga dilingkungan.  Dilanjutkan acara berkumpulnya Kendon Gogol adalah tingkat kehidupan masyarakat baik yang rendah maupun yang atas, pada acara ini di khususkan pada warga Dukuh Kapru dan beberapa undangan dari warga Desa Punten.

Pada hari jumat, penggemar seni tayub dan pemuda dari berbagai Desa se Malang Raya di undang, dimana dalam acara ini terdapat rangkaian acara yaitu Pemuda Sinoman Punten tidak dipersilahkan duduk-duduk di meja tamu,  akan tetapi dipersilahkan ketempat beksan (kalangan) bersama-sama dengan sinoman Tiga Sahabat melakukan acara saling lempar rokok atau biasa dikenal dngan sebutan Sawuran sebagai tanda persahabatan, dimana acara ini sekaligus membuka beksan tayub.

Pada hari Sabtu, acara ini dikhususkan untuk pemuda Sinoman Tiga Sahabat dan Pemuda Desa Punten, kemudian pada sore harinya pemuda Sinoman Tiga Sahabat akan mengajak Pemuda Sinoman Punten kerumah masing-masing untuk jamuan makan-makan sebagai rasa persaudaraan. Acara akan dilanjutkan kembali sampai  semua meja mendapatkan giliran untuk beksan di kalangan, dalam acara ini Pemuda Sinoman Punten berpamitan  dan diiringi dengan gending Pring Lurik, sebagai pertanda Gebyar Seni Tayub telah berakhir.

(Foto : Dokumen pribadi)

 

Liputan :  adjeng

Comments are closed.