Sumber Daya Alam

Desa Gunungsari merupakan desa yang berbasis pada sektor pertanian bunga mawar potong dan peternakan sapi perah. Potensi alam desa Gunungsari yang dapat menarik kunjungan wisatawan meliputi pemandangan alam yang indah, udara yang segar dan sejuk, sungai, hutan dan didukung dengan potensi daya tarik (atraksi) lain bagi wisatawan adalah wisata petik bunga, petik apel, petik jeruk, perah susu dan petik sayur. dan didukung dengan beberapa wisata alam seperti wisata Omah Kayu, Taman Langit, Goa Pinus, Dll.

Sumber Daya Manusia

Selain komoditas pertanian dan peternak sapi perah, sebagian penduduk juga bekerja dan mengembangkan sektor industri kecil antara lain pembuatan kue ladu, kue opak, sari buah , keripik kentang, carangmas, stick susu sapi, kue dodol susu sapi, kue ladran susu sapi, yogurt dan masih banyak lagi.

Dewasa ini sanggar Brondjong sejahtera Desa Gunungsari juga terkenal akan kreasi dalam pembuatan lampion karakter aneka warna, ragam bentuk dan ukuran yang karyanya mampu menarik minat bagi para pengusaha wisata sehingga tidak hanya mampu menggeliatkan ekonomi kreatif berbasis desa wisata namun juga sekaligus membawa harum nama kota Batu khususnya Desa Gunungsari.

Sumber Daya Kelembagaan

Sebagai salah satu usaha untuk mendongkrak perekonomian masyarakat Desa Gunungsari diantaranya adalah usaha pengembangan sektor pariwisata berbasis pertanian dengan usaha pengembangan wisata petik bunga mawar maka dibentuk GAPOKTAN, sesuai dengan usaha masing-masing yang ada di dalam kelompok masyarakat.

Selain itu Desa Gunungsari turut aktif dalam penyelenggraan PKK, Posyandu, Forum Anak, dll, Dan pada tingkat RT RW di setiap dusun warga masyarakat aktif melakukan kelembagaan agama berupa perkumpulan jamaah tahlil, yasin, diba, dll.

Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana yang telah terbangun berdampak sangat positif untuk kelancaran warga Desa Gunungsari dan sekaligus memberi manfaat langsung kepada pengembangan ekonomi desa, peningkatan kualitas hidup, penambahan kegiatan pendidikan, dan peningkatan kesehatan masyarakat.

Adapun sarana dan prasarana yang dimiliki desa Gunungsari diantaranya: Kantor pemerintah desa, pusat kesehatan desa, bidan desa, gedung sekolah, tempat peribadatan, TPQ, lapangan olah raga, Pos Keamanan, koperasi, Posyandu, Gapoktan, BUMDES, industri rumah tangga, dll.